Hati Hati Bahaya Virus Komputer




Virus gak pandang bulu

gak di dunia beneran gak di dunia maya
selalu ada aja yang ngerusak……
1. ‘Muka Keren’ Sebarkan Fitnah
Jakarta, Sebuah virus buatan Indonesia mampu menyebarkan virus ke alamat e-mail dalam komputer, korbannya pun berisiko kena fitnah sebagai penyebar virus.Virus tersebut dikenal dengan julukan ‘muka keren’ alias ‘Mr Coolface’. Julukan itu muncul karena komputer yang terinfeksi virus ini selalu memunculkan tulisan MR_COOLFACE! pada saat pengguna membuka menu Run di tampilan Start Menu.
Seperti dijelaskan M.Taufik, technical consultant dari perusahaan antivirus F-Secure, virus ini merupakan pengembangan dari virus Mr Coolface yang sebelumnya telah beredar. Namun, dalam penyebarannya virus ini telah berevolusi yang secara otomatis belajar dengan sendirinya.
“Sebelumnya virus ini (Mr Coolface-red) hanya menyebar melalui perangkat flashdisk tetapi yang ini sudah melalui e-mail,” ujar Taufik kepada detikINET (20/3/2007).
Lebih lanjut Taufik menuturkan, virus yang bernama Worm:w32/Ridnu.B ini akan semakin berbahaya ketika dia menemukan address book di account e-mail korbannya. Secara otomatis Mr Coolface akan mengirimkan dirinya ke alamat e-mail yang tertera, risikonya korban bisa dianggap sebagai penyebar virus.
Selain itu, ketika aktif virus ini juga dapat menggunakan semua resource komputer korban dengan membuka banyak jendela Windows Explorer pada task bar, sehingga korban tidak dapat mencegah saat virus ini menuliskan pesan-pesannya.
Faktor ketelitian pengguna komputer, ujar Taufik, menjadi sangat penting untuk mencegah ’si muka keren’. Virus tersebut menurutnya hanya akan aktif jika korban membuka folder dengan extension .scr.
Lalu bagaimana kita tahu bahwa folder tersebut berextension .scr? Caranya adalah dengan menampilkan ‘Hidden file and folder’ pada menu Option di Windows Explorer, serta menghilangkan check mark dari ‘Hide files extensions for known file types’.
Ketika Anda terkena virus ini, Anda harus segera isolasikan komputer dari jaringan. Jika komputer terkoneksi ke jaringan internet, virus ini akan segera mengirimkan salinan dirinya ke seluruh alamat e-mail pada address book Anda. Fitnah pun bisa tak terelakkan.
2. Virus Cilegon-Banten Menyebar di Balik Misi Sosial
Jakarta, Virus lokal makin mewabah dan mendominasi penyebaran virus di tanah air. Satu yang terbaru adalah virus Cilegon-Banten dengan aksi yang cukup merepotkan.
Perusahaan antivirus PT Vaksincom memperingatkan ancaman virus Cilegon-Banten yang muncul dengan pesan sosial. Oleh software antivirus, virus ini terdeteksi sebagai W32/VBtroj.FJA yang kemudian disebut Cilegon-Banten karena pesan yang termuat di dalamnya.
Pengirim pesan tersebut memakai nama “Naga Emas Cilegon” dengan pesan berbunyi: “MARI BANGUN BANTEN DENGAN MEMBERIKAN PENDIDIKAN GRATIS, DENGAN MEMBANGUN WARNET-WARNET YANG MURAH, SEKARANG GAGAL BESOK GAGAL LAGI JUGA NGGAK APA-APA YANG PENTING TETAP SEMANGAT, HIDUP PENJAGA WARNET MAGRIBI, HIDUP PENJAGA WARNET TRIDENTE, HIDUP MAHASISWA, HIDUP RAKYAT INDONESIA”
Alfons Tanujaya, spesialis antivirus dari PT Vaksincom menjelaskan, pesan tersebut muncul setiap kali komputer dinyalakan. Menurutnya virus ini seperti halnya virus lokal yang lain, menjadikan flash disk sebagai media penyebaran utama disamping melalui file sharing dan e-mail.
“Virus ini mempunyai payload yang cukup merepotkan dengan ukuran file induk sebesar 62 KB,” kata Alfons dalam keterangan tertulis yang dikutip detikINET, Senin (12/3/2007).
Ciri khas virus lokal pun masih melekat di virus ini, yaitu memakai ikon “Folder” dengan ekstensi .exe dan mempunyai tipe file “Application”.
Virus ini memblok beberapa fungsi Windows yang dapat dipergunakan untuk menghentikan dirinya. VBTRoj.FJA juga akan memanipulasi file yang mempunyai ekstensi exe, pif, com, lnk, bat dan pif. Akibatnya virus akan aktif begitu file-file tersebut dijalankan. Setelah aktif, virus akan menyembunyikan file tersebut dan sebagai gantinya akan dibuat file samaran yang sesuai dengan file yang disembunyikan.
Sejatinya, VBTroj.FJA akan aktif secara otomatis tanpa perlu menjalankan file yang telah terinfeksi. Virus ini akan menginfeksi jika user mengakses drive yang sudah terinfeksi VBTroj.FJA, termasuk jika user mengakses Disket/Flash Disk di mana virus tersebut tersimpan.
3. Virus Pintar Utak-Atik Pesan e-Mail
Jakarta, Virus semakin pintar saja. Kali ini sebuah trojan mampu menyuntikkan spam ke e-mail, instant messaging (IM) dan forum buletin board.
Para pakar keamanan memperingatkan agar pengguna komputer waspada terhadap usaha penyusupan yang dilakukan trojan melalui fasilitas e-mail, IM dan bulletin board.
Menurut peneliti dari Symantec, Eric Chien, belakangan beredar malware (program jahat) yang memanfaatkan komponen lapisan penyedia layanan pada Windows untuk mengawasi lalu lintas jaringan korban. Malware tersebut mampu mengubah pesan dan kemudian mem-posting pesan yang telah diutak-atik tersebut.
“Spam melalui papan pesan (message board) bukanlah hal baru,” jelas Chien dalam blog respon keamanan Symantec, seperti dikutip detikINET dari Vnunet, Rabu (28/2/2007).
Yang membedakannya, lanjut Chien, adalah pesan teks yang berisi spam ini terintegrasi langsung dengan pesan asli yang dikirimkan oleh pengguna yang sah.
Serangan spam tersebut dimulai ketika pengguna terjebak dan mengikuti link pada pesan ber-spam tersebut. Link tersebut juga kadang menyertakan kata-kata ‘funny video’ untuk menarik perhatian pengguna.
Pengguna tanpa sadar akan mengunduh file eksekusi yang berisi Trojan bernama “Trojan.Mespam”.
Lebih lanjut, malware tersebut akan meng-attach spam ke pesan-pesan yang ada pada papan pesan serta IM yang dikirimkan dari AIM, Yahoo! Messenger, GTalk dan ICQ.
Chien juga menjelaskan bahwa kode spam ini dapat menginfeksi e-mail yang dikirim dari beberapa layanan webmail populer seperti Google Mail, Hotmail dan Yahoo Mail.
Chien mengimbau agar pengguna berhati-hati dalam mengakses link yang ada dalam forum, e-mail dan IM. Pengguna juga diwanti-wanti agar mengindari file eksekusi yang berasal dari sumber yang belum dapat diketahui kebenarannya. (lni/dwn)
4. Awas! Virus Pelumpuh Printer Beredar di Jakarta
ntar lagi bisa ke sini loch
Jakarta, Virus komputer yang bisa melumpuhkan printer diketahui mulai menyebar di Jakarta. Siapkan antivirus Anda!
Seorang pembaca detikINET menyampaikan kekhawatirannya mengenai virus yang melumpuhkan printer. “Kejadian mulai dari Jumat lalu (22/2/2007), di mana shared printer di kantor tidak dapat melakukan printing. Hingga dokumen dibawa langsung di server tempat printer tersebut terpasang untuk melakukan printing dan selalu ‘Error-Printing’,” tutur pembaca bernama Saftari itu.
Saftari menuturkan kantor tempatnya bekerja bahkan rela membeli printer baru karena mengira masalah terletak pada printer yang lama. “Ternyata sama saja. Awalnya terdeteksi, namun setelah itu tidak dapat melakukan printing. Jadi printer baru tersebut tidak bisa digunakan sama sekali,” ia menambahkan.
Melihat gejala yang terjadi analis antivirus dari Vaksincom, Alfons Tanudjaya, yakin itu adalah sebentuk virus atau program jahat yang menyerang komputer. “Menurut pantauan terakhir, virus yang kemungkinan besar menyerang dan melumpuhkan printer adalah virus dengan nama W32/VBTroj.FJA,” ujarnya kepada detikINET, Rabu (28/2/2007).
Namun demikian, Alfons belum bisa memberikan keterangan lebih rinci mengenai virus tersebut. Pihaknya, ujar Alfons, masih melakukan analisis dan pengujian. Diperkirakan hal itu akan selesai dalam waktu 1-2 hari lagi.
Sementara ini, Alfons menyarankan pengguna komputer untuk menggunakan software anti virus dengan database terbaru untuk mendeteksi dan membasmi virus tersebut.
(wsh/ash)
5. Virus Banjir Jangkiti Komputer
Jakarta, Tidak hanya air yang menerabas ke pemukiman saat banjir. Virus komputer pun ikut-ikutan latah mengusung puisi banjir dan menyerang komputer. Virus ini berbahaya dan patut diwaspadai.
Perusahaan antivirus PT Vaksincom memperingatkan bahwa virus ini dapat menghancurkan data. Virus ini terdeteksi sebagai W32/Poinsonlvy.NQ.
“Virus ini sudah menyebar dan terus mencari mangsa dengan payload maut menghapus file/data yang ada di komputer yang terinfeksi,” kata spesialis antivirus dari PT Vaksincom, Alfons Tanujaya, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (22/2/2007).
Dilihat dari script yang ada dalam tubuhnya, virus ini mengaku lahir di saat bencana banjir sedang melanda ibu kota dan berasal dari kawasan Kemang, Jakarta Selatan.
Ciri khas virus ini adalah memunculkan pesan tentang banjir. Virus ini dibuat dengan bahasa pemrograman Visual Basic, dengan ukuran sebesar 125 KB (dalam bentuk file Extract) dengan nama file “setup.exe”, dan 80 KB (sebelum di extract) dengan nama file “banjir.exe”.
Tujuan utama virus ini adalah melumpuhkan komputer dengan menghapus semua file dan folder yang ada di semua drive termasuk Disket atau Flash Disk. Virus ini akan langsung menghapus setelah beberapa menit menginfeksi komputer atau saat komputer melakukan booting.
Virus ini tidak menyebar melalui disket atau flash disk seperti yang dilakukan oleh kebanyakan virus lokal yang menyebar saat ini, karena ia akan menghapus semua file/folder yang ada di disket atau flash disk atau pada semua drive yang dijumpai.
“Kasus ini sama seperti kasus virus CIH yang akan menghancurkan dirinya sendiri tanpa mampu menyebar luas,” kata Alfons.
Alfons mengungkap, pembasmian virus ini hanya bisa dilakukan dengan menginstal antivirus dengan update terkini, dan sudah dapat mengenali virus ini dengan baik. Bagi yang sudah terlanjur kehilangan data, sebaiknya siapkan software recovery untuk menyelamatkan data yang sudah dihapus, atau menghubungi ahli Data Recovery.
Menurut Alfons, virus ini menyebar sejak awal Februari. Korban virus tak pandang bulu mulai dari BUMN, perusahaan swasta, sekolah dan pengguna rumahan.
“Vaksincom mendapatkan laporan ratusan komputer menjadi korban aksi virus Banjir ini. Menurut pengalaman, kalau yang melaporkan jadi korban ratusan, korban yang riil bisa beberapa kali lipat dari itu,” ujarnya.
(nks/wsh)
Sudah tau kan gimana bahayanya virus virus benci yang dapat merusakkan komputer he he he
jadi saya sarankan kita pengguna dunia maya harus selalu berhati hati dengan virus perusak
bagaimana cara pengamanannya? yaitu kita harus selalu memperbaharui antivirus komputer kita
dengan seri seri terbaru yang bisa membunuh dan menghilangkan virus virus Zaman sekarang.

No Response to "Hati Hati Bahaya Virus Komputer"

Post a Comment

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator

TV Online

Followers

blogger. Powered by Blogger.

free counters
powered by Blogger | Designer by Rinaldy