Apa Internet itu ?

Secara harfiah, internet ( kependekan dari perkataan "inter - network" atau "Interconnected Network" ) ialah rangkaian komputer yang terhubung menerusi beberapa rangkaian. Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang  lain dalam sebuah jaringan. Disebut jaringan yang saling terhubung karena internet menghubungkan kompouter dan jaringan-jaringankomputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar.
Internet pasti sudah akrab dalam kehidupan kita sehari-hari,bahkan beberapa diantara kita sudah mulai bergantung kepada internet. Kita bisa menggunakan internet untuk mengirimkan e-mail,chatting dengan teman kita, mencari informasi, dan sebagainya.dengan kata lain, kita tidak bisa hidup tanpa internet. Saat ini diperkirakan terdapat ratusan ribui jaringan lokal yang terhubung dengan internet.
Manakala Internet ( huruf "I" besar ) ialah sistem komputer umum, yang terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket ( paket swicting communication protokol ). Rangkaian internet terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian  dengan kaidah ini dinamakan internetworking.
Karena merupakan sebuah jaringan,maka sebuah komputer yang terhubung dengan internet berarti terhubung dengan semua komputer di seluruh dunia yang juga terhubung dengan internet.Semua komputer yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi di internet secara gratis.
Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa. Artinya semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Karena itu, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu.

Ada dua peranan internet :

  1.    Sebagai sumber data dan informasiInternet menyimpan berbagai jenis informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Kita dapat mengakses informasi apapun di internet. Dengan internet kita bisa mendapatkan jutaan informasi, mulai informasi perguruan tinggi,teknologi,bisnis,hiburan dan lain-lain. Bahkan,jika ingin, kita juga dapat menempatkan informasi yang kita miliki di internet agar dapat di akses oleh orang lain.
  2. Sarana pertukaran data dan informasi
    Internet dapat juga di gunakan sebagai sarana pertukaran data dan informasi dari satu komputer ke komputer lain, tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua komputer tersebut. Dua komputer yang sama-sama terhubung ke internet dapat6 saling berkomunikasi satu sama lain, atau mempertukarkan data dan informasi. Akses dan pertukaran informasi tersebut dilakukan dalam waktu yang sangat cepat.
    Internet menjadi salah satu pemicu terjadinya globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas dunia. Internet memungkinkan kita dapat mengakses informasi yang tersimpan di komputer di belahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang dari belahan bumi yang berbeda dapat berkomunikasi tanpa dibatasi oleh batas-batas negara, jarak, dan hukum atau birokrasi suatu negara.
    Beberapa layanan populer yang dapat kita nikmati di internet, ialah e-mail/surat_elektronik,Usenet,newsgroup, Perkongsian file (File Sharing ), WWW ( World Wide Web ), Gopher,dan lain-lain.

No Response to "Apa Internet itu ?"

Post a Comment

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator

TV Online

Followers

blogger. Powered by Blogger.

free counters
powered by Blogger | Designer by Rinaldy